Jumat, 24 Mei 2013

Agama Hindu


     Pada sekitar tahun 1500 Sebelum Masehi, Bangsa Arya berhasil menaklukan Bangsa Dravida di India, setelah itu lahirlah agama Hindu yang merupakan gabungan antara kepercayaan Bangsa Arya dan Bangsa Dravida. Agama hindu mempunyai banyak dewa(politeisme), namun tiga dewa yang senantiasa di puja, yang lebih dikenal dengan nama Tri Murti, yaitu Dewa Brahmana atau Dewa Pencipta, Dewa Wisnu atau Dewa Pelindung, dan Dewa Syiwa atau Dewa Pelebur.

     Menurut agama Hindu, manusia yang hidup sekarang ini merupakan reinkarnasi dari kehidupan yang sebelumnya. Manusia hidup di dunia ini adalah samsara atau sengsara, apabila kehidupan sebelumnya yang dahulu kurang sempurna atau banyak berbuat dosa. Agama Hindu mengajarkan bahwa tujuan manusia adalah menyatu kembali kepada sumber dari segala sumber, yakni Brahmana. Karena hidup adalah penderitaan, maka tujuan yang akan dicapai adalah bagaimana seseorang terhindar dari dilahirkan kembali agar tidak mengalami penderitaan. Tujuan yang akan diraih adalah Moksha, yaitu terbebaskan dari dilahirkan kembali. Hindu juga disebut sebagai ajaran keselamatan.

    Dalam agama Hindu terdapat empat kasta, yang membedakan antara golongan satu dengan yang lainnya. Pembentukan kasta ini mempunyai tujuan utama untuk menjaga kemurnian ras Bangsa Arya yang dianggap ras paling baik, dibandingkan ras Bangsa Dravida yang dianggap lebih rendah. Berikut empat kasta tersebut:

-Kasta Brahmana: yaitu kasta tertinggi, bertugas menjalani upacara-upacara keagamaan, yang termasuk kasta ini adalah para Brahmana.

-Kasta Ksatria: yaitu bertugas menjalankan pemerintahan, yang termasuk dalam kasta ini adalah raja, bangsawan, dan prajurit.

-Kasta waisya: yaitu kasta dari golongan rakyat jelata, seperti petani dan pedagang.

-Kasta Sudra: yaitu kasta yang paling rendah, seperti budak.

2 komentar: